Ponsel android - ZTE Blade (SmartFren Wide)

on Jumat, 19 Agustus 2011 | 0 Comment


ZTE Blade ponsel  android CDMA,  setelah dibundling dengan Smartfren berganti nama menjadi Smartfren Wide. Kehadiran ponsel ini setidaknya menjadi pilihan bagi pengguna layanan CDMA di tengah maraknya ponsel Android berbasis GSM.

Ponsel Android berversi 2.2 (Froyo) ini tampil dengan desain yang sederhana dan menurut saya sudah lumayan untuk ukuran ponsel dengan harga sekelasny.  Body,  plastik kesat menyerupai karet melapisi di sekujur bodinya sehingga tidak mudah gores dengan warna.  Dipercantik dengan lapisan plastik glossy di bagian layar, serta list silver di samping kanan/kiri. 


Ponsel ini hanya disematkan tombol volume di samping kanan, port MicroUSB di kiri, tombol On/Off dan lubang jack audio 3,5 mm di bagian atas, serta kamera di bodi belakang.  

Di bawah layar ada tombol  :  Home, Menu dan Back.

Di sisi samping kiri,
 ada port MicroUSB. Sama seperti ponsel kebanyakan saat ini, port tersebut dijadikan masukan bersama untuk charger dan kabel data.  Saat mengkoneksikan ponsel ke PC via kabel data, selain men-charging juga bisa berfungsi sebagai USB Mass Storage.  Asal sudah memasukan kartu memori eksternal (MicroSD).  Slot MicroSD tersembunyi dibalik casing belakang. Tapi tidak sampai dibalik baterai, jadi tidak perlu mematikan ponsel untuk memasang atau melepas kartu MicroSD (hotswap).  Slot MicroSD mendukung hingga kapasitas 32 GB.

Layar
Layar sentuh capacitive di ponsel ini berukuran 3,5 inchi. Tampilannya terlihat begitu tajam, padahal daya pancarnya hanya 256 ribu warna.  Sepertinya ini efek dari resolusi layar yang cukup rapat,  yaitu 480 x 800 pixels.  Layar disuntikan sensor gerak untuk autorotate,  tapi hanya aktif saat melihat  foto, browsing atau bermain game tertentu.  Layar dilengkapi 7 Homescreen yang bisa diusap ke kanan/kiri, dan bisa diisikan widget,  shortcut atau folder.

Kamera
Kamera bawaan berdaya 3,15 megapiksel. Ditemani fitur pendukung : autofocus, exposure, geotag, white balance, brightness dan digital zoom. Saat memotret butuh 2 detik untuk menangkap gambar, termasuk proses autofocus. Hasil foto bisa diedit (rotate, crop) atau share (twitter, facebook, picasa,email, dll). Saat merekam video, daya tangkapnya terlihat lambat. Hasil videonya juga terlihat kurang halus. Video bisa langsung di-share ke YouTube.

Internet
Ponsel ini mendukung akses internet berkecepatan tinggi, yaitu hingga HSDPA (7,2 Mbps)/HSUPA (5,76 Mbps). Meski kenyataannya tidak akan sampai. Atau bisa melalui jalur WiFi. Bahkan ponsel ini bisa dijadikan mobile hospot WiFi, Browser-nya bisa membuka beberapa situs sekaligus (multitasking). Tampilan situs bisa di-zoom dengan pinch (cubit layar) atau doubeltap (ketuk layar). Disediakan menu Facebook dan   Twitter yang sudah berupa aplikasi, bukan link ke versi mobile. Dilengkapi fitur NetCounter untuk mengetahui trafik dari jaringan internet yang digunakan


Office
Untuk kebutuhan mengolah file dokumen, disediakan fitur Docs To Go. Tapi sayangnya belum bersifat full version, sehingga sebatas membuka file Office (Word, Excel, PowerPoint). Untuk bisa mengedit atau membuat file baru, harus membeli full version-nya. Ada juga News & Weather bila butuh info berita dan cuaca ter-update. Bagi yang sering bepergian, tidak ketinggalan disediakan peta digital Google Maps dengan berbagai fasilitas navigasi di dalamnya.

Konten Lokal
Ternyata ponsel ini menyimpan sesuatu yang menarik dan berbeda dari ponsel Android lainnya. Berupa aplikasi buatan anak negeri alias konten lokal, yang disebut Edukasi. Aplikasi ini ditujukan untuk pelajar SMP, SMA, SMK dan MA. Di dalamnya berisi bahan pelajaran dan juga soal latihan berbagai mata pelajaran , seperti : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA Fisika, IPS Ekonomi, IPS Geografi, IPS Sejarah, Kimia dan Matematik. Ada juga fitur GueBanget.com, yang menyediakan video streaming mirip YouTube. Ada juga fitur Musik Legal untuk mendownload lagu secara legal

Konten Smartfren

Ada aplikasi yang disediakan oleh Smartfren. Seperti Mobile Directory yaitu aplikasi untuk mencari lokasi Point Of Interest (hotel, apartemen, kantor, sekolah, ATM, Bank, pom bensin, lokasi wisata, pusat perbelanjaan, bioskop, dll). Juga ada fasilitas untuk menelpon berbagai armada taksi, dan berbagai restoran untuk delivery services. Selain itu ada Smartfren Backup untuk menyimpan berbagai data penting di server milik Smartfren. Ada juga Smartfren Musik, di sini bisa mendownload, menyewa atau menjadikan RBT dari berbagai lagu yang disediakan.Ada juga fitur My Smartfren, untuk mengetahui info dari kartu Smartfren yang digunakan.


Android 2.2 (Froyo) yang diadopsi ZTE Blade didukung prosesor ARM 11 600 MHz , Adreno 200 GPU, Qualcomm MSM7227 chipset. Hasilnya, kinerja ponsel ini dalam menjalankan berbagai fitur terbilang lancar dan cepat.


Terakhir ponsel ini dibandrol dengan harga yang cukup menggiurkan, berkisar Rp. 1.600.000. Cukup murah untuk tipe ponsel sekelasnya.

Labels: ,



Leave A Comment:

Entri Populer

Copyright © Wow Cantik.